Jumat, 30 Maret 2012

Mengapa Komputerku Lambat?



Tidak hanya Komputer yang lambat. Perangkat Komputer lain seperti Laptop, Netbook, Tablet PC, bahkan Handphone yang memilikki Operasi Sistem pun juga bisa lambat. Ghifar sendiri pun mengalaminya di Laptop. Beberapa cara sudah ghifar lakukan di Laptop dan terbukti berhasil, laptop pun dapat berjalan dengan normal. Bagaimana caranya? Berikut cara mengatasi beberapa perangkat Komputer yang lambat ala blog’s ghifar:

1. Install Program Seperlunya.


Installah program2x yang dianggap penting untuk memudahkan sobat bekerja dengan Komputer. Misal Microsoft Office untuk mengetik, menghitung, dan menyusun data. Untuk browsing gunakan Mozilla Firefox atau Google Chrome. Untuk kebutuhan multimedia sobat dapat menggunakan Adobe CS5 atau CorelDRAW X5 atau software lain yang banyak tersebar di Internet. Bila salah satu software yang sobat Install jarang digunakan sebaiknya di Uninstall karena akan memberatkan kerja Sistem. Antivirus juga menjadi salah satu faktor utama dalam sebuah sistem Operasi. Tetapi jangan menginstall antivirus berlebihan. Cukup install 2 antivirus, yang satu untuk virus lokal, yang satu lagi untuk virus luar. Bila berlebihan akan memberatkan sistem saat StartUp.

2. Perbaiki Sistem yang Rusak dengan Membersihkan dan Menyusun Ulang Registry.


Registry adalah sebuah kode2x yang berfungsi untuk menyusun sebuah Program. Kita harus berterima kasih dengan adanya Registry, karena tanpa adanya Registry di sebuah Sistem Operasi, tidak mungkin Sistem dapat dijalankan. Tetapi seiring berjalannya waktu Registry2x tersebut banyak yang rusak dan akhirnya menjadi sampah. Tidak hanya rusak, Registry2x tersebut banyak yang tidak tersusun dengan Rapih atau berantakan. Tools apa yang digunakan? Bila sobat memilikki Software TuneUp Utilities sobat dapat memanfaatkantools TuneUp Registry Cleaner dan TuneUp Registry Defrag.

Cara mengaksesnya klik Start -> All Programs -> TuneUpUtilities 2012 -> All functions -> pilih TuneUp Registry Cleaner atau TuneUp Registry Defrag (ghifar menggunakan TuneUp Utilities 2012).


TuneUp Registry Cleaner berfungsi untuk membersihkan Sistem dari Sampah Registry, sedangkan TuneUp Registry Defrag untuk menyusun rapih Registry yang berantakan. Jangan jalankan kedua fitur secara bersamaan, karena akan memberatkan kinerja Sistem.

3. Perbaiki Sistem yang Rusak dari Virus.


Virus tidak hanya menjadi musuh dari Makhluk Hidup termasuk Manusia, tetapi Virus juga menjadi musuh utama Perangkat Komputer. Virus dapat menyerang Sistem dengan beberapa cara. Ada yang melalui Koneksi Internet, koneksi USB, atau Koneksi Bluetooth. Parahnya virus juga dapat menyerang BIOS. Sudah pasti virus harus dibasmi dengan Antivirus dan sudah banyak beragam Antivirus yang beredar di Internet dengan Kelebihan dan Kekurangannya. Saran ghifar, sebaiknya gunakan Antivirus yang memilikki fitur lebih seperti Internet Security. Di edisi Internet Security tidak hanya berfungsi sebagai Antivirus saja tetapi juga berfungsi sebagai Firewall. Misal untuk Internet Security dari Symantec (Norton) fitur Firewallnya dinamakan Smart Firewall, untuk Avast Internet Security terdapat 3 mode, yakni Home, Work, dan Public. Bagi pengguna Avast Internet Security ghifar sarankan menggunakan Firewall mode Public, karena mode ini dirancang untuk perlindungan Ekstra dari serangan Virus dan Hacker.

4. Bersihkan Sistem dari File Sampah (Dump Files).


Tidak hanya Registry yang bisa menjadi sampah, file2x yang tidak diperlukan juga bisa menghambat kerja Sistem. Seperti apa contohnya? Setelah sistem mengalami suatu moment Error/Blue Screen, sistem akan menghasilkan sebuah Dump Files atau File Sampah yang ukurannya bisa mencapai diatas 100MB.


Bila terus dibiarkan, sistem akan semakin berat untuk melakukan tugasnya. Tools apa yang digunakan? Sobat dapat menggunakan CCleaner untuk membersihkannya. CCleaner terbukti ampuh membersihkan sampah2x file yang tidak diperlukan.

5. Susun File yang Berantakan.
File2x yang berantakan juga turut andil dalam memberatkan sistem. Banyak celah2x memori harddisk yang tidak terpakai sehingga menambah kapasitas pemakaian memori. Solusinya, susunlah file2x tersebut atau istilahnya Defragment. Supaya celah2x memori yang tidak terpakai tersebut terisi dengan file2x sobat. Anda juga bisa menggunakan Tools Defraggler dari Piriform.


Bila sobat malas menggunakan Software tersebut, sobat dapat memanfaatkan fitur dari Windows dengan memilih partisi yang akan diDefrag (sebagai contoh partisi C:), lalu klik kanan -> pilih Properties -> pilih tab Tools -> lalu pilih Defragment now . . . Setelah masuk jendela Defrag, pilih Analyze untuk mendapatkan hasil Defrag terbaik. Setelah di Analyze pilih Defrag.
 

Defragment juga membuat Harddisk menjadi lebih leluasa untuk bekerja. Tapi, jangan lakukan Defragment secara berlebihan, justru akan menambah beban kerja Harddisk. Lakukan minimal seminggu sekali.

6. Hapus File yang Tidak Diperlukan.

 
Maksudnya, jika sobat memilikki beberapa file pribadi yang jarang dipakai sebaiknya sobat hapus, karena file2x yang menumpuk tersebut akan memenuhi memori Harddisk sehingga kinerja Harddisk akan menurun. Misal file video/film yang tidak ditonton lagi, file2x musik yang tidak didengar lagi, dsb.

7. Gunakan Software Seefisien Mungkin.

 
Bila sobat memilikki Komputer dengan Spesifikasi lawas/jadul tentunya kinerja Hardware yang ada di dalamnya tidak memungkinkan untuk menjalankan program yang membutuhkan spesifikasi Komputer canggih. Bila sobat memilikki budget kecil tentunya sulit untuk meng-upgrade Hardware lawas tersebut. Apa yang harus dilakukan? Mengingat Hardware yang sobat punya memilikki Komputer dengan Spesifikasi lawas/jadul, gunakan beberapa Software seefisien mungkin. Karena bila sobat menginstall program yang membutuhkan spesifikasi Komputer canggih akan memberatkan kerja Hardware di dalamnya.
 
8. Bersihkan Komponen Komputer dari Debu.


Debu merupakan salah satu musuh utama perangkat elektronik, terutama Komputer. Bersihkan Komponen Komputer sobat dari debu minimal sebulan sekali. Karena semakin banyak debu yang menumpuk akan membuat Hardware di dalamnya akan lebih cepat panas dan kinerjanya pun akan turun. Untuk sobat yang mempunyai Laptop atau Netbook sebaiknya bawa Laptop atau Netbook sobat ke Toko Komputer langganan sobat, supaya Laptop atau Netbook sobat bisa dibersihkan kepada yang ahli. Jangan membersihkan Laptop atau Netbook sendiri, takutnya ada salah satu komponen Laptop atau Netbook yang salah sentuh mengingat komponen2x tersebut sangatlah kecil.

 
Untuk sobat yang sebagai pengguna Handphone dengan Operasi Sistem seperti Symbian atau Android, installah program Antivirus untuk melindungi Handphone dari Virus yang masuk. Cara lainnya yang dapat sobat gunakan untuk handphone berOperasi Sistem,ikuti langkah nomor 1, 3, 4, 6, dan 7. Selain dari nomor pilihan tersebut ditujukan bagi pengguna Komputer atau Laptop, Netbook, Tablet PC, dsb.

Semoga cara2x diatas dapat membantu sobat dalam mengatasi lambatnya kerja Sistem di perangkat Komputer sobat.

2 komentar:

Mantab tipsnya sob. Untuk Antivirus saya cuma install satu saja. pernah install Smadav+Eset, pas kena virus terjadi konflik karena keduanya mendeteksi bersamaan. Sekarang saya pakai Eset, Smadav saya gunakan juga untuk scan berkala, tidak jalan saat startup.

Posting Komentar

Admin blog's ghifar tidak sepenuhnya 24 jam membalas dan melihat isi dari komentar sobat. Bila sobat ingin berkomentar, berkomentarlah dengan bahasa yang santun (DILARANG MEMBERI KOMENTAR DENGAN UNSUR SPAM, SARA, ATAU UNSUR2X NEGATIF LAINNYA).

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...