Senin, 23 April 2012

Mengapa Komputerku Lambat? (2nd Tricks)


Akhirnya, setelah seminggu dalam masa servis, laptop ghifar kini dalam keadaan lebih baik. Setelah cukup lama laptop bermasalah dan bingung setengah kesal gimana memperbaikinya, ternyata saat dibawa ke salah satu Toko Komputer di bilangan Depok, Indonesia, masalah terletak pada Harddisk. Harddisk laptop mengalami bad sector yang membuat performa laptop berkurang atau melemah. Tidak hanya Harddisk, faktor lainnya adalah ukuran memori Laptop yang kecil juga menjadi masalah dalam laptop yang tadinya berukuran 2GB DDR3 telah ghifar tambah menjadi 4GB. Alhasil, laptop pun menjadi lebih prima dari sebelumnya.

Nah berikut trik2x yang dapat anda terapkan di perangkat komputer sobat:

1. Jangan sering2x Install Ulang OS disaat perangkat komputer bermasalah.


Ternyata bila perangkat komputer mengalami masalah, janganlah sering2x install ulang OS sobat. Justru akan membuat Harddisk terbebani dan akan mengalami bad sector. Bila komputer mengalami masalah, cobalah dengan mencari software2x tweaking yang banyak tersebar  di Internet.

2. Belilah memori laptop bila sobat membutuhkan performa optimal.

Cara berikutnya adalah dengan membeli memori komputer sobat. Bila sobat merasa komputer/laptop sobat terlalu lambat, sobat dapat membeli memori laptop yang banyak tersebar di toko2x komputer. Bila sobat mempunyai budget kecil dan menggunakan OS Windows Vista atau 7. Keduanya menyediakan fitur ReadyBoost, yakni fitur untuk membuat memori virtual tambahan dari flashdisk sobat.


Cara mengaksesnya dengan memasukkan Flashdisk sobat ke port USB. Setelah sistem membaca Flashdisknya, klik kanan di nama Flashdisk tersebut, lalu pilih Properties. Di menu Properties, ubah tabnya di bagian ReadyBoost. Bila ingin membuat flashdisk sobat selalu terdeteksi permanen oleh Windows sebagai ReadyBoost saat pertama memasukkannya ke port USB, ubahlah tab “Do not use the device.” Menjadi “Dedicate this device to ReadyBoost”. Bila sobat hanya ingin menggunakan fitur tersebut untuk sekali pemakaian, gantilah pilihannya menjadi “Use this device.”
Sobat dapat mengatur berapa banyak ukuran memori Flashdisk yang dapat dijadikan ReadyBoost, disarankan sobat mengikuti saran/rekomendasi dari Windows. Misal Flashdisk sobat berukuran 8GB, maka Windows akan membuat rekomendasinya dengan menampilkan tulisan “Windows recommends reserving 4094 MB for optimal performance.” di bagian bawah. Lalu klik Apply, lalu OK.
Semoga kedua cara singkat di atas dapat memberikan motivasi untuk merawat perangkat komputer  sobat agar bertahan lebih lama.

0 komentar:

Posting Komentar

Admin blog's ghifar tidak sepenuhnya 24 jam membalas dan melihat isi dari komentar sobat. Bila sobat ingin berkomentar, berkomentarlah dengan bahasa yang santun (DILARANG MEMBERI KOMENTAR DENGAN UNSUR SPAM, SARA, ATAU UNSUR2X NEGATIF LAINNYA).

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...