Selasa, 01 Mei 2012

Cara Mengatasi Virus Ramnit Yang Telah Menyebar



Wah, Laptop kenapa lagi nih? Peringatan virus terus muncul dari notifikasi Avast Internet Security. ghifar bingung cara mengatasinya? Cara pertama dengan melakukan Scan dengan Smadav 8.9 Pro  dengan pilihan Full Scan, hasilnya nihil. Cara kedua pun dilakukan dengan meng-scan Full System dengan Avast Internet Security. Hasilnya sekitar 5000 lebih virus terdeteksi dengan jenis virus ramnit dan dengan priority High. Yang lebih mengecewakannya lagi, virus tersebut telah menginfeksi file2x sistem yang diperlukan. Misalnya file Adobe dan beberapa Game.

Ghifar pun hampir putus asa dalam mengahadapinya. Malah laptop rencananya akan dilakukan install ulang. Tapi, kalau diinstall ulang, takutnya kasusnya sama kaya dulu (lihat postingan Mengapa Komputerku Lambat 2nd Trick). Akhitnya, Ghifar pergi ke sebuah Warnet dan searching di Google dengan kata pencarian “cara menghapus virus ramnit yang sudah menyebar”. Ditemukanlah sebuah artikel di sebuah situs yang menyarankan menggunakan software portabel RamnitKiller. Ghifar download software tesebut dan langsung di tes di laptop.



Cara mengetesnya dengan menstart laptop, lalu masuk Safe Mode dengan menekan F8. Di Safe Mode, langsung Ghifar jalankan software tersebut, RamnitKiller segera bekerja dan membersihkannya. Proses pembersihannya pun cukup lama, sekitar 30 menit karena sangkin banyaknya virus. Setelah pembersihan selesai, software meminta untuk melakukan Restart, setelah standby virus pun hilang. Laptop pun kembali sebagaimana mestinya.

Virus ramnit merupakan virus yang cukup berbahaya yang menyerang pengguna Windows. Virus ini dapat menyebar melalui media transfer seperti Flashdisk atau kabel data. Virus ini akan membuat file bernama “Copy of shortcut (1)” sampai 4 kali, membuat file induk di RECYCLER dan lansung bekerja dengan file autorun.inf saat Flashdisk atau kabel data ditancapkan. Dari mana sumber virus ini? Biasanya virus ini berasal setelah kita menancapkan Flashdisk atau kabel data ke PC Warnet. Otomatis virus langsung masuk ke Flashdisk atau kabel data sobat.

Gimana mengatasinya? Ikuti langkah2x berikut:
1. Install antivirus seperti Smadav. Karena biasanya Smadav langsung mengscan otomatis saat Flashdisk atau kabel data ditancapkan. 
2. Jangan menancapkan Flashdisk atau kabel data ke PC Warnet lebih dari satu kali, karena jika ditancapkan lebih dari satu kali virus akan bertambah dua kali lipat lebih bayak dari sebelumnya. Misalnya, jika sobat menancapkan Flashdisk atau kabel data ke PC Warnet pada 5 menit saat billing explorer dinyalakan, virus langsung masuk sekitar 300 virus. Pada saat menancapkan kedua kalinya, virus pun bertambah menjadi 600 virus, begitu juga seterusnya.

Download RamnitKiller disini.

0 komentar:

Posting Komentar

Admin blog's ghifar tidak sepenuhnya 24 jam membalas dan melihat isi dari komentar sobat. Bila sobat ingin berkomentar, berkomentarlah dengan bahasa yang santun (DILARANG MEMBERI KOMENTAR DENGAN UNSUR SPAM, SARA, ATAU UNSUR2X NEGATIF LAINNYA).

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...