Selasa, 17 Januari 2012

Segalanya Tentang Windows 7

Windows 7 adalah sebuah software Operasi System yang diterbitkan Microsoft Corporation yang juga menggantikan versi lamanya, yaitu Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan pada 22 Juli 2009 dan untuk publik pada 22 Oktober 2009.

Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista. Presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada tahun 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup, dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak disertakan lagi di Windows 7, kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials yang gratis.

Microsoft telah mempublikasikan spesifikasi kebutuhan minimum perangkat keras untuk Windows 7.

Spesifikasi minimal Windows 7 (yang disarankan)
Arsitektur 32-bit 64-bit
Kecepatan Processor 1 GHz 32-bit 1 GHz 64-bit
(RAM) 1GB 2GB
Unit pengolah grafis Pengolah grafis dengan dukungan DirectX 9 dan WDDM Driver Model 1.0
(tidak terlalu diperlukan, hanya dibutuhkan untuk Windows Aero)
Hard disk (HDD) Minimal 16GB Minimal 20 GB
Drive Room DVD drive (untuk instalasi dari media DVD)

Persyaratan tambahan untuk bisa menggunakan fitur tertentu:
  • BitLocker memerlukan Trusted Platform Module (TPM) 1.2 dan membutuhkan USB flash drive untuk menggunakan BitLocker To Go.
  • Windows XP Mode memerlukan tambahan memori 1 GB, kapasitas tambahan 15 GB cakram keras, dan CPU yang mendukung virtualisasi perangkat keras, seperti teknologi AMD-V atau Intel VT.

Pembatasan memori

Windows 7 tidak bisa digunakan dengan jumlah memori yang terpasang melebihi kemampuannya. Jumlah ini berbeda di setiap versi Windows 7, dan juga berpengaruh pada arsitektur yang dipakai (apakah 32-bit atau 64-bit).
 
Pembatasan memori pada Windows 7
Versi Pembatasan pada 32-bit Pembatasan pada 64-bit
Windows 7 Ultimate 4GB 192GB
Windows 7 Enterprise 4GB 192GB
Windows 7 Professional 4GB 192GB
Windows 7 Home Premium 4GB 16GB
Windows 7 Home Basic 4GB 8GB
Windows 7 Starter 2GB (tidak ada versi 64-bit)

Pembatasan processor multi-inti dan pembatasan multi-processor

Jumlah maksimal inti processor dalam satu buah komputer yang didukung oleh Windows 7 adalah 32 inti untuk 32-bit, dan 256 untuk 64-bit. Jumlah maksimal dari processor (secara fisik) pada sebuah komputer yang didukung oleh Windows 7 adalah: 2 untuk Professional, Enterprise, dan Ultimate; 1 untuk Starter, Home Basic, dan Home Premium.

Berbagai versi dari Windows 7 didesain, dipasarkan, dan disesuaikan dengan baik kepada orang-orang dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Dari seluruh versi yang ada, versi Starter didesain dan dipasarkan untuk notebook kelas bawah, Home Basic dan Home Premium untuk pengguna rumahan, Professional untuk kebutuhan bisnis, Enterprise untuk bisnis yang lebih besar dan korporat, dan Ultimate untuk para antusias IT (atau sering disebut dengan geek).

Windows 7 memiliki 6 versi yang sama dengan Windows Vista. Hanya saja ada perbedaan nama, jika Windows Vista memiliki versi Business maka pada Windows 7 versi tersebut dinamakan Professional.
  • Windows 7 Ultimate
  • Windows 7 Professional
  • Windows 7 Enterprise
  • Windows 7 Home Premium
  • Windows 7 Home Basic
  • Windows 7 Starter
Sekarang kita lihat seperti apa Windows 7 sebenarnya:
Tampilan/Desain

Dilihat dari tampilan/desain, Windows 7 hampir mirip dengan Windows Vista. Mulai dari Start Menu, tombol Start, Taskbar, efek Aero nya yang memukau, dan masih banyak lagi. Berikut screenshotnya:
  • Taskbar dan tombol Start.
Taskbar dan tombol Start Windows 7


Taskbar dan tombol Start Windows Vista
  •  Start Menu
 
Start Menu Windows 7

Start Menu Windows Vista
  • Superbar
Superbar Windows 7

 
Superbar Windows Vista

Kompabilitas Software

Dari segi kompabilitas software, banyak pengguna Windows 7 yang mengeluhkan kompabilitas ini. Tidak seperti Windows XP yang dikenal dengan kompabilitas softwarenya yang baik. Masalah yang sering mengganggu pengguna Windows 7 antara lain Crash, Bug, seringnya Not Responding, dan lain sebagainya. Windows 7 juga sering meng-update otomatis padahal update ini tidak berpengaruh banyak terhadap kestabilan Windows 7. Banyak juga pengguna Windows 7 yang kembali memakai Windows XP karena mereka sudah putus asa menggunakan Windows 7.
Berikut screeenshotnya:
  • Not Responding

  • Crash
  • Bug

Tapi, Microsoft telah menyisipkan program untuk mengatasi masalah tersebut. Yakni program Troubleshooting.

 Program Troubleshooting di Windows 7

Versi Windows


Seperti yang saya sebutkan di atas mengenai beberapa versi yang ada di Windows 7, hanya Windows 7 Starter lah yang memilikki sedikit fitur. Diantaranya fitur Personalize yang memungkinkan untuk bisa mengganti-ganti wallpaper sesuai keinginan. Tapi fitur ini dihilangkan karena beralasan bahwa Windows 7 Starter didesain dan dipasarkan untuk notebook kelas bawah. Tapi, blog's ghifar punya trik untuk mengatasinya (membuat Windows 7 Starter bisa mengganti-ganti wallpaper), tidak hanya itu, blog's ghifar juga memberikan cara untuk mengupgrade Windows 7 Starter menjadi Windows 7 Ultimate. Simak triknya di http://blogsghifar.blogspot.com/2012/01/upgrade-windows-7-starter-menjadi.html.

Windows Next Generation "Windows 8"

Windows 7 telah banyak memberikan fitur yang kaya akan unsur artistiknya. Di awal tahun 2012 ini, Microsoft Corporation berencana akan merilis "Windows 8", generasi selanjutnya dari keluarga Windows. Di Windows 8 ini juga diberikan banyak fitur2x baru, misalnya New! Start Menu Metro Desain, Modern Task Manager, New! Better Explorer.
Berikut screenshotnya:
  • New! Start Menu Metro Desain
  •   Modern Task Manager
  •  New! Better Explorer

Bagi anda yang ingin melihat seperti apa Windows 8 sebenarnya lihat video berikut di:
Kesimpulan:
Kehadiran Windows 7 yang kaya akan unsur artistiknya yang menggantikan Windows Vista menjadikan Windows 7 menjadi Windows yang mengaggumkan. Dibalik mengaggumkannya tersebut tersimpan masalah2x yang setiap saat bisa mengintai para penggunanya (termasuk saya sendiri). Banyak pengguna Windows 7 yang beralih kembali menggunakan Windows XP karena kompabilitas softwarenya yang baik. Rencananya, Microsoft akan merilis Windows 8 yang memilikki fitur2x baru. Tapi kita tidak tahu masalah kompabilitas software2x nya. Apakah sama saja dengan Windows 7 atau tidak. Tapi kita berharap Windows 8 bisa menjadi sebuah perbaikan dari Windows 7 (terutama masalah kompabilitas softwarenya) dan menjadikan Windows 8 sebagai Windows idaman para penggunanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Admin blog's ghifar tidak sepenuhnya 24 jam membalas dan melihat isi dari komentar sobat. Bila sobat ingin berkomentar, berkomentarlah dengan bahasa yang santun (DILARANG MEMBERI KOMENTAR DENGAN UNSUR SPAM, SARA, ATAU UNSUR2X NEGATIF LAINNYA).

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...