Kamis, 19 Januari 2012

Cara Memperlakukan dan Merawat Laptop/Netbook Anda dengan Benar

Postingan blog's ghifar kali ini akan memberikan informasi yang akan memberikan dampak positif bagi Laptop atau Netbook Anda, yaitu "Cara Memperlakukan dan Merawat Laptop atau Netbook dengan Benar". Jangan meremehkan yang satu ini, karena bila anda tidak merawat Laptop atau Netbook anda dengan baik, umur pakai dari Laptop atau Netbook akan berkurang dan menyebabkan Laptop atau Netbook anda berkurang performanya.

1. Cara Membawa

 

Cara Membawa adalah hal pertama yang perlu diperhatikan dalam perawatan Laptop atau Netbook. Bawalah Laptop atau Netbook Anda dalam keadaan mati. Jangan meletakkan Laptop atau Netbook Anda dalam keadaan standby karena akan mempengaruhi Harddisk anda. Saat dalam keadaan standby, piringan Harddisk Laptop atau Netbook masih dalam keadaan berputar, mata hard disk tidak dalam posisi aman dan masih berada di atas piringan. Posisi ini akan membuat piringan hard disk Anda baret dan membuat data2x yang anda milikki bisa hilang atau corrupt. Mengenai hal tersebut, hal ini tidak berlaku untuk penggunaan Laptop atau Netbook yang menggunakan media SSD.


Tas Laptop adalah media untuk membawa Laptop atau Netbook anda (untuk Netbook biasanya memilikki tas berbentuk persegi kecil dan terkesan empuk). Untuk tas Laptop berjenis backpack atau jenis tas Laptop lainnya seperti tas selempang,  jangan pernah lupa tips ini. Ketika memasukkan notebook ke dalam tas, pastikan bagian bawah notebook mengarah seolah menempel dengan punggung atau anggota badan lainnya. Bagian notebook bagian bawah lebih kuat menahan tekanan. Tips lain, jangan terlalu banyak membawa barang bawaan pada tas Anda. Karena pada akhirnya, beban yang terlampau berat akan menekan layar dan mengakibatkan kerusakan pada layar.


Efek yang ditimbulkan bila layar LCD Laptop atau Netbook anda rusak adalah gelapnya brightness pada layar, padahal dalam settingan brightness dalam keadaan normal atau balance. Efek kedua yaitu menimbulkan retak pada layar bila Layar diposisikan mengarah ke punggung, dan bila pemilik Laptop tersebut sedang dalam posisi bungkuk, Layar akan tertekan dan menyebabkan retak yang cukup fatal.

2. Cara Menyimpan


Cara Menyimpan ini jangan juga dianggap remeh dan suka terabaikan oleh beberapa orang. Simpan Laptop atau Netbook Anda pada tempat yang tidak lembab dan usahakan simpan dalam kantong untuk menghindari casing Laptop atau Netbook Anda baret. Jangan lupa, letakkan Laptop atau Netbook pada tempat yang datar. Jangan pernah menumpuk barang di atas Laptop atau Netbook Anda ketika sedang tidak digunakan. Tumpukan benda tersebut akan menekan layar LCD notebook dan mengakibatkan kerusakan pada layarnya dan yang terparah LCD retak. Selain itu, hindari notebook dari pancaran sinar matahari langsung. Hal ini akan membuat Laptop atau Netbook Anda panas dan akan mengakibatkan beberapa komponen luar yang terbuat dari karet dan plastik akan mengeras dan membuat casing Laptop atau Netbook Anda memudar warnanya.

3. Cara Menggunakan


Laptop atau Netbook harus digunakan atau diposisikan sebagaimana mestinya. Jangan meletakkan Laptop atau Netbook Anda di pangkuan kaki atau meletakkannya di atas kasur atau sofa. Karena menyebabkan suhu Laptop atau Netbook memanas dan daya hisap Fan Laptop atau Netbook berkurang. Bila di pangkuan kaki akan menyebabkan pangkuan kaki Anda terasa panas.

4. Upgrade Media Penyimpanan Laptop atau Netbook Anda



Tidak banyak yang bisa di upgrade pada notebook. Elemen yang Paling mudah di-upgrade hanya hard disk dan memory. Sebenarnya, Anda bisa meng-upgrade optical drive dan processor tetapi hal ini hanya berlaku pada beberapa notebook.

Upgrade memori sendiri akan membuat kinerja notebook menjadi lebih baertenaga dan aplikasi akan menjadi lebih cepat terbuka. Satu hal yang perlu diingat adalah ketika melakukan upgrade memori, Anda juga harus sesuaikan dengan sistem operasi yang Anda gunakan. Sistem operasi 32bit hanya akan dapat membaca memori hingga 3GB. Sistem operasi 64bit dapat membaca memori lebih dari 3GB.


Harddisk, biasanya pengguna akan meng-upgrade komponen ini karena kebutuhan akan kapasitas yang besar. Saat ini, kecepatan putar harddisk dibagi ke dalam dua jenis putaran, yaitu 5400RPM (Rotation Per Minute) dan 7200RPM. Namun, hard disk dengan kecepatan putar 7200RPM sukar sekali ditemukan di Indonesia. Keuntungan menggunakan harddisk dengan putaran tinggi adalah sistem operasi dan aplikasi Anda akan lebih responsif ketika Anda akses. Anda sebenarnya dapat saja melirik SSD yang semakin lama semakin murah. Namun, kelemahan SSD adalah kapasitas yang tersedia masih kecil sehingga lebih cocok untuk Anda yang sangat mobile. Dengan SSD, kemungkinan kerusakan penyimpanan data dan kehilangan data sangat kecil.

5. Cara Membersihkan


Kebersihan layar LCD notebook sangat penting. Layar LCD yang kotor dengan berbagai noda dan cap tangan tidak nyaman dilihat.Untuk itu, bersihkan Layar Laptop atau Netbook Anda disaat penggunaan terasa tidak nyaman untuk dilihat. Untuk membersihkannya sangat sederhana dan tidak mengeluarkan biaya. Siapkan dua sampai tiga helai kain yang sangat halus yang biasa banyak didapat ketika membeli kaca mata. Siapkan juga sedikit air mineral. Jangan pernah memikirkan untuk menggunakan tissue. Tissue kemungkinan besar akan membuat layar notebook Anda tergores. Hal ini dikarenakan tekstur tissu yang cenderung kasar dan mudah rontok ketika dalam keadaan lembab. Gunakan air mineral karena sedikit mengandung kandungan mineral di dalamnya. Air mineral juga memiliki khas bila mengering tidak akan meninggalkan jejak di layar.


Pertama-tama gunakan sehelai kain untuk membersihkan debu yang biasanya menempel (jangan ditekan tetapi diusap) atau bisa menggunakan blower untuk menyingkirkan debu tersebut. Setelah debu yang menempel tersingkir, Anda tinggal menghilangkan bercak-bercak tangan atau apapun yang biasanya menempel pada layar.

Sedikit basahkan kain kedua dengan air mineral. Kain kedua ini jangan dibasahi seluruhnya, tetapi cukup dalam keadaan lembab. Bila terlalu basah kemungkinannya adalah air akan menetes atau masuk ke dalam sela-sela bingkai layar Laptop atau Netbook. Mulailah mengusap Layar Laptop atau Netbook. Jangan mengusap dengan ditekan tetapi diusap dengan lembut. Hindari penekanan kain yang keras dan berulang-ulang karena dapat mengakibatkan kerusakan layar.

6. Memperpanjang Lifetime

  • Setting Power Management
  • Memperbesar RAM
Hal ini untuk mengurangi terjadinya pengaktifan virtual memory ke hard disk. Seperti kita ketahui, daya hard disk ketika melakukan putaran penuh akan lebih memakan daya dibandingkan dengan sebuah RAM atau memory.
  • Melakukan Defrag System
Proses Defrag akan mempercepat waktu baca harddisk. Hal ini akan membuat harddisk bekerja dengan lebih efisien dan Anda dapat membuka aplikasi dengan lebih cepat.
  • Menurunkan Kontras Layar
Menurunkan kontras layar akan mempengaruhi daya tahan hidup baterai dan Laptop atau Netbook Anda. Anda dapat menurunkan pada setting yang masih nyaman di mata. Biasanya, konfigurasi kontras layar ini sudah ada dalam setting Power Management. Namun, bila Anda kurang nyaman, Anda dapat menaikkan kontras beberapa level.
  • Matikan Program yang Berjalan di Background
Semakin banyak proses/program yang berjalan di background, semakin cepat pula baterai terpakai. Untuk itu, lebih baik matikan aplikasi-aplikasi tersebut. Anda dapat mematikan proses/program di background melalui Run -> msconfig -> pilih tab -> Startup. Perlu di ingat, pilihlah program yang akan dimatikan dengan bijak dan hati-hati.
  • Jangan Meninggalkan CD/DVD pada Optical Drive

Sering kali kita lupa untuk mengeluarkan CD dari optical drive. Hal ini akan membuat optical drive tetap memasok listrik untuk perangkat tersebut. Bahkan, Laptop terkadang akan memutar optical drive tanpa kita suruh. Hal ini cukup mengurangi daya baterai.
  • Lepas Perangkat yang Tidak Diperlukan dari USB port

Walaupun hanya memakan daya kecil, namun perangkat yang terkoneksi pada USB port (Flash disk, USB hard drive, dan sebagainya) akan mengurangi daya tahan hidup laptop Anda. Cabutlah bila perangkat tersebut tidak lagi Anda gunakan.
  • Matikan fitur Konektivitas yang Tidak Perlu

Matikan konektivitas Wi-Fi ataupun Bluetooth bila Anda sedang tidak memerlukannya. Perangkat ini akan terus menerus mengirim sinyal yang dapat menguras daya tahan baterai. Bila Anda hanya memerlukan Wi-Fi, maka bluetooth bisa Anda matikan.
  • Pilih mode Hibernate, bukan Standby

Seperti yang saya sebutkan tadi di atas, standby akan membuat piringan Harddisk terus berputar sehingga menyebabkan kemungkinan disk baret dan akan kehilangan data. Mode hibernate akan mematikan Laptop atau Netbook anda tetapi tidak menutup program2x yang sedang dijalankan.
  • Hindari multi-tasking Berlebihan
Semakin banyak aplikasi yang dibuka, harddisk akan semakin sering bekerja. Hal ini akan memakan daya lebih besar dibandingkan ketika Anda menjalankan satu aplikasi.
  • Switching Graphics

Bila laptop Anda mempunyai dual graphic dan harus memilih secara manual, jangan lupa untuk mengubahnya dengan graphics yang lebih hemat daya.
  • Ganti Hard Disk dengan SSD
Selain lebih sedikit memakan daya, SSD mempunyai waktu buka tutup aplikasi yang lebih cepat dan tidak menghasilkan panas berlebih yang akan mempengaruhi komponen di sekitarnya.

7. Merawat Baterai



Saat ini sebagian besar laptop yang beredar menggunakan baterai lithium ion yang lebih ringan dibandingkan dengan NiCAD yang digunakan sebelumnya. Lithium ion lebih mudah perawatannya karena tidak perlu menunggu habis untuk melakukan recharge ulang untuk mengisinya lagi. Jadi, dalam keadaan belum habis pun tidak diharamkan untuk melakukan pengisian ulang. Akan tetapi, baterai lithium ion tidak dapat disimpan dalam waktu lama tanpa dipakai sama sekali. Baterai ini akan rusak karena senyawa baterai akan mengering.

Saat sedang memakai adaptor listrik, mana yang lebih baik: baterai dilepas ataukah dipasang? Anda tidak perlu takut baterai pada notebook akan rusak karena adaptor terus menerus terpasang. Adaptor yang diberikan pada paket penjualan akan memutuskan arus listrik bila baterai telah penuh. Jadi, Anda tidak perlu takut baterai akan over-charge.

Ada baiknya Anda biasakan dua atau tiga hari sekali menghabiskan daya baterai dengan cara menggunakan daya baterai saja saat digunakan dan bila warning low baterai muncul, Anda tinggal memasang adaptor kembali. Bila Anda sering menggunakan laptop di luar ruangan maka secara tidak sadar Anda melakukan ini berulang kali. Selain itu selalu bersihkan kontak yang terbuat dari kuningan yang terdapat pada baterai dan laptop dengan menggunakan cotton bud dan contact cleaner.

2 komentar:

Thanks banget infonya. Info yang sangat bermanfaat, karena sebagian besar pengguna laptop/netbook hanya ingin pakianya saja, lupa untuk merawatnya. Good job ^^

Posting Komentar

Admin blog's ghifar tidak sepenuhnya 24 jam membalas dan melihat isi dari komentar sobat. Bila sobat ingin berkomentar, berkomentarlah dengan bahasa yang santun (DILARANG MEMBERI KOMENTAR DENGAN UNSUR SPAM, SARA, ATAU UNSUR2X NEGATIF LAINNYA).

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...