Sabtu, 28 Januari 2012

Memperbaiki Laptop yang Sering Hang


Hang pada laptop, hal ini sungguh menjengkelkan. Apalagi kita sedang mengerjakan suatu tugas atau sedang bermain game. Ini disebabkan beban kinerja laptop melebihi kemampuan processor laptop anda. Salah satunya bila laptop menjalankan beberapa aplikasi berat yang dapat memakan Memori Laptop, misal Adobe Photoshop. Corel Draw, dsb.

Penyebab lainnya adalah bila kita menggunakan laptop lebih dari dua jam tanpa cooling pad/ kipas pendingin, sehingga suhu pada processor menjadi tinggi dan melebihi batas maksimal yang tidak bisa ditahan processor. Perlu diingat Laptop berbeda dengan PC dari segi ruang penempatan komponennya. Laptop akan lebih cepat panas.


Cara mengatasinya, selalu gunakan cooling pad, terutama jika pemakaian lebih dari 2 jam. Lain halnya jika anda memakai laptop ditempat ber-AC, tentu tanpa cooling pad pun tidak masalah. Karena suhu ruangan akan otomatis menstabilkan kerja processor. Jangan sering kali memakai laptop tanpa coolingpad dalam jangka waktu lama karena hal ini akan menyebabkan processor overheat (terlalu panas) dan kemudian rusak/memperpendek umur processor. Biasanya bila processor telah mencapai tingkat overheat, suhu yang didapatkan bisa mencapai 85'C.

Kurangi akses software dalam jumlah banyak secara bersamaan. Hal ini akan memberatkan kerja memory. Atau jika pekerjaan anda mengharusakan banyak program diakses secara bersamaan, lakukan upgrade memory laptop.


Maksudnya anda harus menambah kapasitas memory laptop anda. Karena salah satu gejala hang pada laptop selain pada proccessor adalah terletak pada memory. Memory kurang atau memory rusak menyebabkan hang pada laptop. Pastikan PC yang tertera pada memory laptop anda sama atau mendekati (semakin dekat maka memory akan semakin support dan kerjanya akan maksimal), karena kalau tidak sama, tidak akan support atau malah semakin memperlambat kerja laptop. PC pada memory biasanya tertera pada labelnya misalkan PC4200, PC5300, dan PC6400.


Upgrade antivirus dan scan semua file anda sehingga terbebas dari virus. Ini juga salah satu penyebab laptop anda hang. Banyak virus akan merusak kerja system dan memberatkannya. Jika virus dalam laptop anda banyak dan melebihi 100 virus, maka langkah terbaik adalah install ulang laptop anda.


Defrag HDD (Harddisk) anda, fungsinya untuk merapikan file-file anda. File-file yang banyak berserakan juga termasuk salah satu penyebab hang pada laptop.

Lakukan defragmentation (defrag) hanya jika anda memasukan file berukuran lebih dari 1GB dalam beberapa folder. Jangan terlalu sering defrag HDD karena akan menurunkan performa HDD laptop anda. Kalau bisa buatlah sebuah jadwal untuk melakukan Defrag, misal seminggu sekali. Bila sudah dalam keadaan kritis, lakukan Defrag sebagai langkah terakhir mengatasi hang di PC/Notebook anda.

Cara Defragment Harddisk (disini saya menggunakan OS Windows 7):
  • Pilih salah satu drive yang akan di Defrag (drive yang saya pilih adalah Local Disk C:). Pilih sesuai kebutuhan anda, tetapi kalau bisa Defrag semua drive Harddisk yang ada di PC/Notebook/Netbook anda.
  • Klik kanan pada drive, lalu pilih Properties
  • Di menu Properties, ada beberapa pilihan menu yang disediakan, pilih Tools.
  • Lihat ke bagian Defragmentation, lalu pilih Defragment now...
  • Tunggu sampai proses Defrag selesai
 

Semoga beberapa cara dan tips di atas dapat memberikan manfaat dan solusi bagi anda yang sedang bermasalah dengan perangkat Komputer anda.

2 komentar:

Artikelnya bermanfaat gan :)
jadi sebuah prosesor memerlukan cooling pad guna mengurangi suhu berlebih agar tak terjadi overheating processor. Good luck :)

by ngage4all blogs

makasih nih gan buat infonya

Posting Komentar

Admin blog's ghifar tidak sepenuhnya 24 jam membalas dan melihat isi dari komentar sobat. Bila sobat ingin berkomentar, berkomentarlah dengan bahasa yang santun (DILARANG MEMBERI KOMENTAR DENGAN UNSUR SPAM, SARA, ATAU UNSUR2X NEGATIF LAINNYA).

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...